Kekurangan & Kelebihan Linux


Anda menggunakan sistem operasi apa?

Mungkin kebanyakan orang menggunakan sistem operasi Windows yang dikarenakan kemudahanya dalam pengoperasianya. Ya windows memang sangat mudah untuk di digunakan mulai dari tahap penginstalnya hingga, tahap mengoperasikanya namun window juga mempunyai sistem operasi saingannya yaitu Linux, Linux merupakan sistem operasi yang di kembangkan oleh banyak orang di dunia, yang sehingga Linux mengalami perkembangan yang sangat pesat, yang berbeda dengan Windows. Di blog ini akan membahas sedikit tentang kelebihan dan kekurangan sistem operasi Linux.

Sejarah singkat Linux



Sejarah di mulai pada pertengahan 1991, ketika seorang mahasiswa bernama Linus Torvald dari Universitas Helsinki Finlandia mempublikasikan hasil karyanya ke Internet. Linus mempublikasikan kode program sistem operasi yang cara kerjanya hampir sama dengan sistem operasi UNIX. Maka sejak itulah dimulai pengembangan Linux yang kini telah didukung oleh ribuan pengembang software dari seluruh dunia. Dan hasil karya Linus kemudian di beri nama Linux. Linux dibawah lisensi GNU yang memperbolehkan siapa saja menggunakan, meng-copy, bahkan memodifikasi ulang source kode Linux dengan sarat tertentu.

KELEBIHAN

OPEN SOURCE
Selain mengakibatkan distribusi Linux menjadi ‘gratis’, terbukanya akses publik tehadap source / kode Linux, hingga mengakibatkan timbulnya komunitas – komunitas yang membatu perkembangan Linux menjadi sangat cepat. GPL Linux juga berati kita dapat mendapatkan, memakai dan medisribusikan Linux secara legal dan gratis. Walaupun tidak semua Distro Linux gratis.

POWERFUL
Linux merupakan sistem operasi yang sangat powerful dengan stabilitasnya yang tinggi, yang dimana Linux dapat hidup terus hingga hardwarenya tidak mampu lagi beroperasi, bahkan ada laporan yang menyebutkan sistem operasi Linux bisa beratahan hidup hingga hitungan tahun tampa perlu dimatikan / reboot WOW.

DUKUNGAN PROSESOR
Linux dapat berjalan hampir pada semua prosesor, yang berbeda pada sistem operasi Windows yang hanya dapat berjalan pada beberapa prosesor.

FILE PERMISSIONS
Linux mendukung adanya file permissions (izin file) yang dapat mencegah adanya pengubahaan ataupun penghapusan file tampa seijin pemilknya. Maka dari itu Virus tidak bekerja pada sistem Linux.

MULTI USER
Linux merupakan sistem operasi yang multi-user, yang dimana dapat digunakan oleh banyak orang sekaligus / bergantian. File masing masing user disimpan dalam home directory nya masing masing, sehingga dilindungi dari pengubahan dan penghapusan file tampa seijin pemilik aslinya.

VIRUS/MALWARE
Mungkin para pengguna sistem operasi Windows sudah tak asing dengan kata di atas, ya Virus merupakan hal yang paling sering kita temui dalam sistem operasi Windows yang sangat membuat jengkel para penggunanya, apa lagi jika sistem operasinya tidak dilengkapi oleh Anti Virus. Namun bagai mana dengan Linux? Di Linux tidak di jumpai yang namanya Virus, kalau pun ada juga tidak sebanyak di sistem Windows, dan karena kebanyakan Virus dibuat untuk sistem Windows maka Virus tidak akan bekerja di sistem Linux.

DESKTOP
Linux mempunyai tampilan grafis (GUI) selain tampilan berbasis text (CUI) atau yang disebut X-Windows, X-Windows merupakan lingkungan kerja yang berbasiskan grafis. Dan hebatnya Linux mempertahankan elemen user interface dan System secara terpisah, yang dimana jika user interface (GUI) mengalami kegagalan inti Linux itu masih dapat berjalan.

VIRTUAL DESKTOP
Virtual Desktop mungkin hal yang baru bagi para pengguna Windows yang baru merasakan Linux, vitual desktop merupakan program bawaan Linux yang dimana kita dapat berpindah workspace / lingkungan kerja dari 1 layar ke layar yang lain hanya dalam 1 layar monitor, yang mungkin berbeda dengan Windows yang harus menginstal aplikasi dari pihak ke 3 atau membeli monitor baru.

PENGENALAN SISTEM OPERASI LAIN
Linux dapat mengenali berbagai macam file – file dari sistem operasi lain atau dalam kata lain membaca dan menulis ke dalam format file sistem tersebut.

KEMUDAHAN MULTI OS
Linux memberikan kita kemudahan dalam memasang beberapa OS sekaligus, karena Linux menyediakan paket boot yang bernama LILO maupun GRUB, jadi bukan lah hal yang mustahil untuk memasang Linux bareng dengan Windows, Unix sekalipun.

KOMUNITAS
Ya seperti kita ketahui Linux dikembangkan oleh komunitas dan untuk komunitas, hampir kita dapat temui banyak sekali komunitas – komunitas dari berbagai distro Linux, yang berbeda dengan Windows.

BEKERJA SAMA SECARA HARMONIS
Windows bekerja dengan baik antar sesama windows, sedangkan Linux bekerja sama dengan semuanya. Contoh: Dengan OpenOffice kita dapat dengan menyimpan file dalam format apa saja, yang berbeda dengan MS-Word milik windows.

RINGAN & CEPAT
Ya Linux dikenal dengan sifatnya yang ringan dan cepat  dan cocok untuk sistem yang minim sumberdaya, Linux juga bersifat portable yang dimana kita dapat menggunakan / mencoba Linux lewat media seperti USB flash disk, CD, floppy DLL  tampa merusak sistem yang ada.


Namun dibalik kelebihan itu pasti terdapat kekurangan, dan apa saja kekurangan tersebut? Mari kita bahas sedikit.

WINDOWS LEBIH AKRAB
Seperti telah di jelaskan windows merupakan sistem yang paling banyak di gunakan oleh kebanyakan User, yang berbeda dengan Linux hanya orang orang tertentu saja yang menggunakanya, sehingga orang – orang lebih memilih Windows ketimbang Linux, mungkin kita lebih mengenal Photoshop dari pada Gimp, MS-Word dari pada OpenOffice, Corel dari pada Inkscape Dsb.

INSTALASI SOFTWARE
Instalasi software di Linux berbeda dengan Windows kebanyakan, di Windows kita telah mengenal extensi file .exe / .msi yang hanya tinggal melakukan double klik next, next, finish. Tapi berbeda dengan Linux , di Linux kita harus menulis perintah instalasi lewat console / terminal sehingga akan menyulitkan para pengguna awam, dan format instalasi untuk linux bermacam macam .bin .deb .rpm DLL.

SOFTWARE LEBIH BANYAK DI WINDOWS
Seperti kita ketahui Windows memiliki segudang software yang sepertinya tidak terbatas, karena Windows merupakan sistem operasi yang sangat dominan, sehingga banyak pihak yang mengembangkan softwarenya untuk sistem Windows dari pada Linux, dan juga sebagian besar software dikembangkan oleh Microsoft itu sendiri.
TENAGA AHLI
Windows memiliki banyak tenaga ahli, umumnya tenaga ahli dari Windows sangatlah banyak dan murah, yang berbeda dengan Linux. Contoh ketika komputer Windows kita rusak kita lebih mengetahuinya lewat tampilan berupa grafis, yang berbeda dengan Linux dimana kita harus menuliskan perintah – perintah lewat konsole / terminal, yang cukup membingungkan.

BUTUH WAKTU
Satu lagi, menggunakan sistem operasi Linux membutuhkan banyak waktu, usaha dan pikiran yang lebih dari sekedar menggunakan komputer biasa. Kita harus mengetahui seluk beluk Linux tersebut yang berbeda dengan Windows, bahkan laporan melaporkan bahwa tingkat pengembalian notebook yang berbasis Linux jauh lebih besar dari pada Windows, karena user menyadari mereka tidak ingin menghabiskan waktu untuk belajar sehingga mereka membawanya kembali ke toko.

Catatan: Terlepas dari kekurangan dan kelebihan  sistem operasi hanyalah sebuah pelengkap sistem komputer baik PC, Laptop, Tablet DLL, baik buruknya sistem operasi tergantung kepada User itu sendiri, ini hanyalah masalah selera dan kebutuhan User itu sendiri.

Tambahan: Penulis disini tidak memihak salah satu sistem operasi, ini hanya merupakan sebuah perbandingan saja.

Sumber: Dari berbagai sumber
Semoga bermanfaat :D



Comments

  1. nice share gan, cukup membantu untuk yang mau Pindah OS gan, #vivaLINUX

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tutorial Mengganti Thermal Pasta Pada Komputer (PC) (Lengkap + Gambar)

Trik Menyalin Seluruh Nama File Dalam 1 Folder (Direktori)

Cara Membuka File Gambar Menggunakan Terminal (Linux Ubuntu)