Mitos - mitos dalam dunia IT


Percayakah Anda pada yang namanya mitos? Tapi tahukah Anda bahwa mitos berlaku bukan hanya pada dunia nyata saja, melainkan di dalam dunia IT juga mitos berlaku.
Apa saja mitos mitos yang terdapat di dalam dunia IT? Silahkan simak artikel di bawah ini.

PROGRAM VIRUS BUATAN PERUSAHAAN ANTI VIRUS?

Masuk akal memang jika itu buatan Anti Virus, tujuanya agar produk Anti Virus tersebut laku di pasaran. Tapi lebih masuk akal jika Anda menggunakan program ANTI VIRUS paslu atau bohong, pasti komputer Anda akan banyak peringantan serangan Virus.

Tapi tahukah anda, jika Anti Virus yang asli itu tidak akan mungkin sempat membuat program Virus, dikarenakan perusahaan Anti Virus tersebut sudah banyak di pusingkan oleh Virus – Virus yang masuk ke laboratorium Mereka untuk di analisis dan di buatkan Anti Virusnya.

PERANGKAT KEMANAN KOMPUTER = 100% AMAN?

Memang betul perangkat keamanan itu melindungi komputer dari berbagai macam ancaman yang ada, seperti program antivirus, firewall, removal tools dan lain lain. Namun tidak menjamin 100% aman, walaupun Anda sudah pasang Anti Virus terbaik & berbayar sekalipun, jika tidak di dukung oleh user / pemakainya, terlebih lagi jika user tersebut jorok (tidak rapih) dalam mengoperasika komputer, seperti Anti Virus tidak pernah update, tidak pernah scan Flash Disk yang terhubung ke komputer, install program bajakan, install program yang tidak jelas asal usulnya, dan lain lain. Jadi idealnya:
Perangkat Keamanan = 70%
Kebiasaan User = 30%

PASANG ANTI VIRUS = KINERJA KOMPUTER BERAT?

Ah tidak juga, kalo jaman dahulu kala memang betul adanya, karena jaman dulu cara kerja Anti Virus itu seperti penyusup , sehingga komputer terasa menjadi berat.
Namun bebeda halnya dengan jaman sekarang yang dimana Anti Virus sudah banyak mengalami perubahan dan pembaharuan, walupun Anti Virus masih memiliki efek pada kinerja komputer namun sedikit, seperti saat proses scan virus , startup dan shutdown windows.

APLIKASI TIDAK BERFUNGSI = KERJAAN VIRUS?

Mungkin judul tersebut ada benarnya, namun kemungkinan kecil saja, mungkin saja anda baru menghapus program utama tersbut secara tidak sengaja, atau Anti Virus Anda telah mengangap program tersebut adalah Virus padahal bukan atau Anda memasang perangkat yang tidak kompetibel sehingga membuat program tersebut tidak berjalan?

INSTALL  1x SAJA = CUKUP?

Ya memang idealnya install program itu cukup 1x saja, tapi taukah Anda bahwa setiap program terus (up to date) berkembang dimana program tersebut selalu mengeluarkan program – program terbaru berupa patch, untuk memperbaiki bug –  bug / kesalahan pada program sebelumnya, atau Anda memang menggunakan program yang benar – benar (out of date) dan tidak ada yang baru lagi selain itu.
Contoh kecilnya adalah: Jika Anda memasang program Anti Virus dan program tersebut tidak pernah update, alhasil program Anti Virus tersebut tidak akan mengenali Virus – Virus baru, hanya akan mengenali Virus lama saja.

KOSOSNGKAN RECYCLE BIN = MENAMBAH KINERJA KOMPUTER?

Itu merupakan tips komputer ketika jaman hard disk sebesar 4GB. Mengosongkan recycle bin sama dengan mengosongkan ruang hard disk. Terkecuali data di dalam recycle bin sangatlah besar, lalu melakukan proses defrag mungkin akan sedikit merasakan perbedaanya.
Mengosongkan recycle bin tidak akan memberikan dampak yang nyata, namun hanya memberikan kebebasan bagi sebagian ruang di hard disk saja.

MERASA KOMPUTER SUDAH BENAR – BENAR AMAN?

Yakin??? Yakin jika Anda sering melakukan update program kemanan bahkan OS, backup data penting kedalam media yang lain, sering membersihkan komputer secara rutin baik history (jejak) di dalam browser atau pun dari program jahat seperti Malware dan antek – anteknya, Tidak pernah main ke situs – situs nakal, memberikan password agar tidak sembarang orang dapat mengakses komputer anda, melakukan enskripsi data dan melakukan penghapusan data penting secara aman dan bersih sehingga tidak bisa di kembalikan lagi. Pasti kasus ariel P*t*rpan tidak akan terulang lagi. :D


SUMBER : DARI BERBGAI SUMBER TERPERCAYA

Comments

Popular posts from this blog

Tutorial Mengganti Thermal Pasta Pada Komputer (PC) (Lengkap + Gambar)

Trik Menyalin Seluruh Nama File Dalam 1 Folder (Direktori)

Cara Membuka File Gambar Menggunakan Terminal (Linux Ubuntu)