Tips sederhana merawat Flash Drive


(UFD )USB Flash Drive, merupakan sebuah media penyimpanan data sekunder yang bersifat non volatile. Selain bersifat non volatile Flash Disk juga memiliki kelebihan diantaranya :
  •  Ukuran relatif kecil & ringan .
  • Mudah di bawa kemana mana. Harga di pasaran murah.
  • Kinerja sunyi.
  • Tidak membutuhkan banyak sumber daya listrik.

Secara teknik UFD bukan merupakan sebuah drive, seperti umumnya Hard Disk. Dikarenakan Flash Disk tidak bekerja seperti hard disk mekanik lainnya, melainkan menggunakan modul memory yang terintregrasi denganya.
Pada dasarnya semua benda baik hidup maupun mati memiliki umur, begitu pula dengan Flash Disk. Oleh karena itu kita dapat merawat Flash Disk agar tidak mudah rusak dan tetap awet dengan beberapa tips berikut di bawah ini:
Agar flash disk tetap awet dan tidak mudah rusak.

1. Jauhkan flash disk dari medan magnet seperti TV, Handphone dan lain - lain, karena apabila flash disk dekat dengan medan magnet tersebut dapat merusak komponen elektronik yang berada di dalam flashdisk. Usahakan untuk tidak menyimpannya terlalu dekat atau bersamaan.



2. Hindari pula air, sama halnya dengan magnet air pun dapat merusak komponen flashdisk. Walaupun Flash Disk sekarang sudah di disain untuk tahan air, tapi tidak ada salahnya untuk mencegah bukan?



3. Hindari benturan yang keras, walaupun ukuran Flash Disk relatif kecil sehingga dapat meminimalisir kerusakan pada komponen Flash Disk apabila terjadi benturan. Namun Anda tetap berhati - hati apabila flashdisk Anda terbentur dengan keras.


4. Hindari debu dan tutup kembali, apabila Anda sudah menggunakan Flash Disk lebih baik tutup kembali soket Flash Disk Anda, karena apabila soket Flash Disk tidak tertutup maka akan mengakibatkan Flash Disk Anda menjadi berdebu & kotor, sehingga dapat menyebabkan proses baca tulis terganggu.

5. Hati - hati terhadap Virus, Virus komputer bukan saja merusak data digital yang berada di dalam komputer, tetap mungkin saja dapat merusak komponen - komponen hardware, seperti halnya komputer dan Flash Disk, maka dari itu hindarilah Virus, lakukanlah scan Virus pada Flash Disk secara berkala dengan software Anti Virus yang tersedia.


6. Proses Safely Remove, lakukan proses safely remove apabila akan mencabut Flash Disk dari komputer, karena apabila tidak maka bisa mempengaruhi file yang ada di dalam Flash Disk dan juga dapat memperpendek usia Flash Disk. :(


7. Minimalkan proses hapus & tulis langsung, sama dengan mahluk hidup Flash Disk pun mempunyai usia. Usia Flash Disk dihitung lewat proses hapus - tulis yang berkisar antara 10.000 - 100.000 kali proses hapus - tulis. Oleh karena itu minimalkan proes hapus-tulis terutama mengedit langsung dari Flash Disk.

Sekian tips merawat Flash Disk agar tidak mudah rusak dan tetap awet.
Semoga bermanfaat. :D

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tutorial Mengganti Thermal Pasta Pada Komputer (PC) (Lengkap + Gambar)

Trik Menyalin Seluruh Nama File Dalam 1 Folder (Direktori)

Cara Membuka File Gambar Menggunakan Terminal (Linux Ubuntu)