NOTEPAD ++ Atau SUBLIME 2?

Untuk sebagian programmer text editor merupakan peralatan sederhana untuk membuat coding, ada berbagi macam text editor yang tersedia untuk komputer, baik itu menggunakan sistem operasi Windows, Mac, Linux maupun UNIX.

Kebanyakan sistem operasi telah menyediakan text editor bawaanya, seperti Windows dengan notepad, Linux Ubuntu dengan Geditnya, dan macam – macam text editor pada sistem operasi yang lain. 

Namun, dengan text editor yang tersedia belumlah cukup, dikarenakan oleh keterbatasan fitur yang dimiliknya.

Salah satunya di blog ini, penulis akan sedikit mengulas tentang text editor sederhana yang cukup mumpuni, khususnya bagi kalangan programmer.

Untuk Text editornya penulis menggunakan notepad++ dan sublime 2.



Penggunaan 
Untuk penggunaan, baik itu notepad++ maunpun sublime 2, ke duanya sama – sama boleh dikatakan mudah. Namun untuk notepad ++ tersedianya tombol toolbar untuk memudahkan pengguna yang terbiasa menggunakan toolbar.


Dukungan Syntax
Keduanya memiliki dukungan syntax yang cukup lengkap.

Notepad++

Sublime2
Harga
Harga, untuk notepad++ bersifat gratis bahkan open source dimana anda bisa mengunduhnya secara bebas, yang berbeda dengan sublime 2 walaupun tidak bersifat gratis, sublime 2 bersifat trial dimana pengguna boleh menggukan produk tersebut selama syarat dan ketentuan berlaku.


Namun, untuk sublime 2 memberikan keringanan, dimana produk tidak akan off apabila produk belum di masukan nomer lisensi, namun hanya akan memberikan peringatan untuk segera melakukan registrasi.


Dukungan produk
Kedua program sama – sama memiliki dukungan plugins yang melimpah yang banyak tersedia di internet. Sehingga keduanya sama – sama di unggulkan dalam masalah hal dukungan plugins ini. Keduanya menyediakan berbagai macam plugins dan fungsi yang bermacam macam.



Kenyamanan
Masalah kenyamanan, penulis lebih nyaman menggunakan sublime 2, karena sublime 2 lebih nyaman digunakan saat mengetik code, karena akan muncul pop-up secara simultan, tampa harus menekan tombol ctrl+spasi terlebih dahulu, tidak seperti notepad++.

Tampilan
Masalah tampilan, keduanya memiliki tema tersendiri yang bisa di ubah – ubah oleh pengguna sesuai dengan keinginan & selera pengguna.
Namun, menurut penulis sublime 2 jauh lebih simple dan lebih modern daripada notepad++.

Namum sublime text memiliki fitur yang cukup unik, yaitu fungsi multiple layout screen, dimana anda bisa menggunakan 1 sampai dengan 4 work space hanya dalam satu layar komputer saja, ini sangat membantu terhadap pekerjaan. Cukup dengan menekan shift + alt = 1 sampai dengan 9.



Kecepatan
Untuk kecepatan, sublime 2 lebih ungul dikarenakan dipengaruhi oleh rasa kenyamanan tadi, yang membuat kecepatan pun sedikit bertambah.

Simpulan penulis.

Baik notepad ++ dan sublime memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri.

Notepad++ lebih ungul di masalah dukungan produk dan lisensi yang bersifat free.
Sublime 2 lebih ungul di masalah kecepatan dan kenyamanan.

Mau menggunakan Notepad++ atau sublime 2 merupakan pilihan pengguna, tinggal di pilih sesuai kebutuhan tersendiri.

Link download 
Notepad++ : Disini
Sublime 2 kesini

Semoga Bermanfaat. :D

Lebih lengkap mengenai text editor bisa di baca disini


Comments

  1. Notepad ++ Atau Sublime 2? >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Notepad ++ Atau Sublime 2? >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Notepad ++ Atau Sublime 2? >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK ZO

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tutorial Mengganti Thermal Pasta Pada Komputer (PC) (Lengkap + Gambar)

Trik Menyalin Seluruh Nama File Dalam 1 Folder (Direktori)

Cara Membuka File Gambar Menggunakan Terminal (Linux Ubuntu)