Tips merawat baterai laptop agar tahan lama.

Penggunaan laptop sangatlah berbeda dengan penggunaan PC (Personal Computer), karena laptop lebih di khususkan untuk keperluan mobile yang sangat bergantung sekali dengan yang namanya baterai.

Baterai laptop begitu penting karena baterai laptop merupakan salah satu komponen penunjang daya pada laptop. Karena tanpanya laptop tidak akan berjalan.
Di blog ini dibahas cara merawat baterai laptop agar tahan lama / awet, berikut simak ulasannya dibawah ini.

1. Baterai 0%.

Jangan biarkan baterai kosong hingga 0%, terlalu sering membiarkan baterai hingga 0% dapat memperpendek usia baterai, isi ulang baterai sebelum habis hingga penuh 100%

2. Atur Penggunaan

Atur penggunaan power baterai, apabila ingin penggunaan baterai anda lebih hemat atur power option menjadi Power Saver pada control panel windows anda. “Control Panel>All Control Panel Items>Power Option>Power Saver.” Sehingga tidak menguras daya telalu besar.


3. Hindari Suhu Extreme

Hindari juga penggunaan / pengoprasian laptop di dalam suhu yang extreme, terlalu panas / dingin.

4. Lepas Baterai?

Banyak pendapat diluar sana yang menyarankan untuk melepas baterai laptop apabila mengoperasikan laptop dalam jangka waktu yang lama, karena sayang baterai katanya? Tapi pendapat itu tidak sepenuhnya benar. Melepas baterai dan langsung menggunakan daya listrik pada laptop dikwhatirkan dapat merusak laptop apabila listrik tiba – tiba padam. Dan yang lebih parah lagi bisa mengakibatkan kehilangan data. Karena pada umumnya laptop sekarang sudah dilengkapi dengan teknologi “bypass power”, dimana apabila baterai sudah penuh maka daya akan langsung di alihkan langsung ke laptop, tidak lagi ke baterai.

5. Atur Kecerahan


Atur juga kecerahan pada layar laptop, karena layar yang terlalu terang menghabiskan daya yang cukup besar dari pada layar yang redup.

6. Kurangi Perangkat

Kurangi juga perangkat – perangkat eksternal yang tidak perlu dan tidak digunakan. Semisalnya mematikan Wifi, Bluetooth, USB apabila tidak digunakan.


Sekian tips cara menghemat baterai laptop agar tahan lama.

Semoga bermanfaat. :D


Comments

Popular posts from this blog

Tutorial Mengganti Thermal Pasta Pada Komputer (PC) (Lengkap + Gambar)

Trik Menyalin Seluruh Nama File Dalam 1 Folder (Direktori)

Cara Membuka File Gambar Menggunakan Terminal (Linux Ubuntu)