5 Langkah Mengetahui bit OS Anda (Windows)


Ingin memasang software yang cocok dengan versi bit OS (Operating System) namun anda kesulitan dalam mengetahui versi bit OS yang anda miliki? Jangan kwahtir anda bisa mencoba trik berikut: 5 langkah mengetahui bit OS yang anda miliki.

1. Menggunakan Software Pihak Ketiga
Banyak sekali diluar sana software – software yang menyediakan tools untuk keperluan system information untuk memberi tahu tentang informasi yang terdapat dalam komputer anda, termasuk sistem operasi apa yang anda gunakan dan informasinya pun cukup lengkap. Salah satu softwarenya seperti: Speccy dari piriform, IObit system informasi dari IObit, dan masih banyak lagi ….

Speccy
IObit System Information


2. Menggunakan System Information Bawaan Dari Windows
Langkah yang satu ini cukup mudah dan sederhana, namun informasi yang diberikan tidak sebanyak yang diberikan oleh software dari pihak ketiga. Caranya dengan menekan tombol start orb windows > Klik kanan pada menu Computer > Pilih Properties. Atau menekan tombol windows + break / pause Maka akan tampil informasi sederhana.
Windows Properties

System  Information
Windows + Pause


3. Menggunakan CMD
Langkah berikut memerlukan sedikit ketelitian, bagi yang kurang terbiasa membaca command prompt maka akan mengalami sedikit kesulitan. Berikut langkahnya: Buka CMD>ketikan set pro. Maka akan tampil sebuah informasi.

CMD


4. Menggunakan DXDIAG
Dengan menggukan DXDIAG anda bisa melihat versi dari Operating System yang anda gunakan, cara mudah anda tinggal menekan tombol windows + R atau start > Accessories > Run lalu ketikan “DXDIAG” tanpa tanda petik.


Dxdiag

5. Lihat Direktori Program Files
Langkah terakhir adalah dengan cara melihat direktori program files pada komputer anda masing masing, Di direktori C:\, apabila program files anda hanya ada satu berati OS anda berjenis 32bit (X86), namun apabila program files anda ada 2, berati OS anda berjenis 64bit (X64). Seperti gambar berikut.

Windows 32 bit (X86)
Windows 64 bit (X64)

Mudah bukan? Semoga bermanfaat. :D

Comments

Popular posts from this blog

Tutorial Mengganti Thermal Pasta Pada Komputer (PC) (Lengkap + Gambar)

Trik Menyalin Seluruh Nama File Dalam 1 Folder (Direktori)

Cara Membuka File Gambar Menggunakan Terminal (Linux Ubuntu)