Tips Sebelum Membeli Komputer / Laptop


Membeli perangkat elektronik merupakan salah satu kebutuhan / keharusan untuk saat ini. Namum membeli sebuah perangkat elektronik (khususnya komputer PC / laptop) membutuhkan sedikit perhatian tidak seperti membeli perangkat elektronik lainnya. 

Karena tidak jarang orang yang merasa tidak puas setalah membeli laptop atau PC tersebut karena tidak sesuai dengan yang diharapkan.


Untuk tips menghindari hal tersebut anda bisa membaca sedikit tips berikut, agar tidak salah sebelum membeli laptop / komputer PC terutama barang baru, berikut yang perlu diperhatikan:
  • Kebutuhan
Yang menjadi patokan utama dalam membeli laptop / komputer PC adalah kebutuhan, pastikan sebelum anda membeli anda mengerti tentang kebutuhan pengguaan laptop / komputer PC anda. Misalkan anda membeli sebuah spesifikasi laptop / komputer PC “game” yang tinggi, namun hanya digunakan untuk keperluan mengetik saja, atau memainkan musik atau video, kan sayang.

Fokuskan pada pemilihan perangkat apabila anda seorang:



  • Budget / Keuangan
Pastikan juga kondisi keuangan anda sudah mencukupi untuk membeli laptop / komputer PC yang sesuai dengan kebutuhan anda. Cek perubahan harga barang sebelum membeli.


  • Ketersedian Barang (Survei)
Tak kalah penting sebelum membeli laptop / komputer PC, pastikan ketersediaan barang tersedia di pasaran. Karena tidak jarang juga barang sering kali habis / tidak ada di pasaran. Dan juga lakukan survei harga barang untuk mengetahui rata – rata kisaran harga barang yang beredar, karena harga barang pun sering naik / turun.
  • Kelengkapan Barang
Perhatikan juga kelengkapan barang sebelum membeli, pastikan barang yang anda beli memiliki kelengkapan yang benar, sehingga anda tidak direpotkan lagi untuk melengkapi perangkat yang kurang tersebut.

  • Garansi / Purna Jual
Garansi merupakan suatu keharusan apabila ingin membeli perangkat laptop / komputer PC, terutama baru. Pastikan perangkat anda telah diberikan garansi baik dari toko maupun vendor resmi terutamanya. Karena dengan tersedianya garansi, maka anda tidak perlu lagi bingung apabila perangkat mengalami masalah dan yang pasti menghemat pengeluran dana anda.


  • Bonus (Optional / Tidak Harus)
Walaupun tidak semua toko / penjual memberikan atau menerapkan sistem bonus, namun dengan adanya sistem ini kita akan merasa terbantu dalam penghematan dana, karena bonus diberikan secara cuma – cuma, seperti pada umumnya. Biasanya bonus pembelian laptop / komputer PC berupa mouse, keyboard, speaker standar, LCD & keyboard protector, flash disk, mouse pad, DLL.

Sekian tips sebelum membeli komputer / laptop, mudah – mudahan bermanfaat. :D

Comments

Popular posts from this blog

Tutorial Mengganti Thermal Pasta Pada Komputer (PC) (Lengkap + Gambar)

Trik Menyalin Seluruh Nama File Dalam 1 Folder (Direktori)

Cara Membuka File Gambar Menggunakan Terminal (Linux Ubuntu)