Cara Membuat Kalender Sederhana Menggunakan Excel

Tahun baru sebentar lagi, tapi kalender belum punya. Bagaimana kalo kita bikin sendiri kalendernya? Caranya pun cukup mudah, tinggal menggunakan program excel kok. Berikut tutornya.

1.    Buka program Microsoft excelnya.

2.    Sekarang ketikan nama – nama hari pada sel yang tersedia, seperti gambar berikut.



3.    Tidak lupa juga untuk mengatur lebar / ukuran kolom / baris, caranya blok sel hari - hari yang tadi telah dibuat buka tab home lalu pilih pada Format > Column Width. Lalu berikan saja nilai 15.




4.     Langkah selanjutnya adalah memblok sel – sel dan menggabungkanya menggunakan fitur merge & center seperti berikut. Blok 5 sel ke bawah, lalu pilih merge & center, lalu copy atau seret ke hari yang lain, buatlah sebanyak lima baris.


5.    Lalu blok bagian atas dan gabungkan menggunakan perintah merge & center, Lalu ketikan bulan yang ini diisikan, misalnya januari.



6.    Jangan lupa juga untuk memberikan garis tepi / border pada kalender dengan mengunakan Border > All Borders.



7.    Langkah terakhir adalah mengisi tanggal kalender, pertama lihat tanggal pada kalender komputer. Lalu sesuaikan isi tanggal pada excel dengan pada kalender komputer, contoh pada tanggal kalender hari rabu bertanggal 1 maka isikan pada sel rabu angka satu.



8.    Untuk mempermudah pengisian, pada hari kamis cukup isikan formula = 1 + cell (sebelumnya), contohnya = 1 + (E5), lalu cukup drag / Tarik ke sel berikutnya.


9.    Lalu pada sel minggu ketik formula = 1 + (G5) / sel sabtu, lalu tarik ke bawah.



10.    Lakukan hal yang sama pada hari senin.



11.    Lalu tarik ke seluruh harinya, maka hari pun akan mengikuti sesuai dengan formula yang diberikan, dan jangan lupa juga atur harinya agar sesuai dengan kalender komputer, jangan sampai ada tanggal yang melebih tanggal 30/31.



12.    Misi selesai, selanjutnya tugas Anda untuk medekorasi tanggal yang anda telah buat, sesuai dengan kreasi dan selera anda.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat. :D

Comments

  1. makasih gan tutorialnya, walaupun agak ribet nih liatinnya

    ReplyDelete
  2. makasih banyak buat infonya,, sangat bermanfaat dan menambah wawasan..

    http://goo.gl/jqTYxy

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tutorial Mengganti Thermal Pasta Pada Komputer (PC) (Lengkap + Gambar)

Trik Menyalin Seluruh Nama File Dalam 1 Folder (Direktori)

Cara Membuka File Gambar Menggunakan Terminal (Linux Ubuntu)