Maksimalkan Sublime Text Anda Dengan Plugins Emmet.

Write less work fast, mungkin kata – kata tersebut sangat cocok digunakan untuk menggambarkan program text editor yang satu ini. Ya sublime text editor merupakan program yang paling popular yang paling banyak dipilih oleh kebanyakan orang saat ini, karena kemudahan dalam pengoperasian program dan fitur – fitur melimpah yang dimiliki oleh program ini.

Namun bila Anda kurang merasa puas dengan fitur bawaan program, Anda bisa mencoba menambahkan sebuah plugins yang bermanfaat. Emmet plugins namanya dimana plugins ini dapat membantu Anda mengerjakan pekerjaan Anda jauh lebih cepat (HTML, CSS) ketimbang tanpa menggunakan plugins ini.

Berikut ulasannya

Bila Anda biasanya harus mengketik seluruh tulisan dengan benar dan memakan waktu lama, maka bila Anda menggunakan plugins emmet ini Anda hanya mengetik singkatannya saja atau menggunakan rumus, sehingga pekerjaan Anda pun jauh lebih cepat.

Bila Anda tertarik menggunakan plugins ini maka yang pertama Anda lakukan adalah mendownloadnya terlebih dahulu DISINI. Maka akan di dapat sebuah file .zip

Setelah selesai di download maka langkah selanjutnya adalah mengginstallnya ke dalam program, cara installnya pun mudah, berikut carannya extact file .zip yang sudah di download tadi lalu rename menjadi ‘emmet’ saja agar mudah di baca.



2. Buka program sublime editor Anda lalu tekan ctrl + shift + p lalu ketikan ‘browse’ atau preferences browse packages.



3. Maka tampil sebuah window baru berisi packages – packages program sublime.




4. Langkah berikutnya adalah mencopy file .zip yang sudah di extract tadi ke dalam directory packages tersebut.



5. Restart sublime Anda dan lihat pada preferences > emmet > Settings Default, apabila ada banyak macam – macam kode berarti selamat plugins emmet telah terpasang di program editor Anda. Namum bila belum berarti plugins anda belum benar benar terpasang.



6. Bila Anda mengalami masalah seperti gambar di bawah ini, berarti Anda perlu mendownload pyton module terbaru DISINI, dan menginstallnya.



7. Cara installnya pun sama, extract terlebih dahulu file yang sudah di download tadi, lalu rubah namanya menjadi PyV8 lalu copy file tersebut ke directory packages lalu ulangi langkah nomer 5.



Sekarang saatnya mencoba sedikit fitur emmet ini.

Buat sebuah document html, bila dulu anda harus mengketik seluruh dokumen, sekarang anda cukup mengketikan html:5 dan tekan tab, lihat apa yang terjadi. Dokumen pun terketik dengan sendirinya.



Lalu bila Anda ingin mengetik tag div dengan 10 baris h3 dengan mudah & cepat, ketikan saja perintah* berikut misalnya div.nama_class>h3{isi dalam tag}*10 Lalu tekan tab.



Dan masih banyak sekali fungsi* yang bermanfaat dari plugins emmet ini, Anda dapat membacanya KESINI

*untuk fungsi bisa dilihat di situs resminnya DISINI atau KESINI.

Semoga Bermanfaat. :D

Comments

  1. thanks infonya, sangat membantu :D

    ReplyDelete
  2. kalo sudah instal dan work, lalu besok nya mau make kok g bisa itu kenapa ya om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barangkali proses instalasinya belum sempurna, coba install langsung lewat jaringan internet lewat package control.

      Delete

  3. Sublime Text
    I am very impressed with your post because this post is very beneficial for me

    ReplyDelete
  4. Titanium | Home - TITIAN ART
    Titanium is titanium nipple jewelry a solid wood-plated titanium alloy stone that is constructed with wood used as 오래된 토토 사이트 a keystone in the Stone Age. The titanium forging stone core is topped by black oxide vs titanium drill bits the rock walls of $9.99 · ‎In stock

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tutorial Mengganti Thermal Pasta Pada Komputer (PC) (Lengkap + Gambar)

Trik Menyalin Seluruh Nama File Dalam 1 Folder (Direktori)

Cara Membuka File Gambar Menggunakan Terminal (Linux Ubuntu)