Cara mencegah & solusi mengatasi komputer yang terkena MALWARE


Mugkin bagi sebagian pengguna komputer pasti bosan atau barangkali pusing menghadapi yang namanya Malware? Ya, Malware atau disebut juga ‘Malicious Software’ atau dalam bahasa indonesianya ‘Program Jahat’. Malware ini biasanya terdiri berbagai kumpulan program – program jahat yang bersifat merusak atau bahkan yang lebih parahnya menghancurkan seluruh sistem. Malware biasanya terdiri antara lain seperti:

·         VIRUS
·         TROJAN
·         SPYWARE
·         WORM
·         ROOTKIT
·         Dan lain sebagainya

Bagi anda yang ingin komputernya terbebas dari serangan malware, anda bisa mencoba beberapa tips berikut ini.

Berikut tips untuk mencegah Malware:

·         Pasang program keamanan / Anti virus

Memasang program keamanan, seperti Anti Virus, Anti Rootkit, Malware Removal dan lain – lain sangatlah penting untuk menghidari komputer Anda terserang oleh serangan malware yang jahat, terutama bagi pengguna sistem operasi Windows yang terkenal dengan banyaknya virus yang menyebar. 
·         Windows Defender

Jika Anda belum sempat memasang program Anti Virus, maka anda bisa menggunakan program keamanan bawaan windows, yaitu ‘windows defender’.

·         Lakukan update program keamanan / antivirus Anda secara berkala

Jika langkah pertama telah selesai, maka anda hanya perlu melanjutkan ke langkah berikutnya yaitu melakukan update / proses memperbaharui program keamanan yang Anda miliki, karena jika tidak maka program keamanan Anda tidak akan bekerja secara maksimal, dikarenakan malware / virus dan varianya terus berkembang, oleh karena itu anda perlu memperbaharui program keamanan Anda untuk mengenali malware yang terus berkembang. Jika tidak maka program keamanan Anda di ibaratkan seperti ‘Macan Ompong’.

·         Update sistem operasi Anda

Jika sistem operasi Anda berlisensi resmi dalam kata lain asli, maka disarankan untuk melakukan update terhadap sistem operasi Anda. Dengan melakukan update sistem operasi  sama dengan menutup celah – celah yang terdapat di dalam sistem operasi tersebut, yang mungkin bisa di manfaatkan oleh si Malware untuk merusak sistem.


·         Scan komputer dengan antivirus secara berkala

Jika komputer Anda telah terpasang program antivirus dan terupdate, biasakan untuk melakukan ‘scan’ atau pemindaian komputer secara rutin, ditakutkan ada malware yang berhasil menenbus  program antivirus dan masuk ke sistem komputer Anda secara tidak di ketahui. Lakukanlah pemindaian minimal 1 bulan sekali.

·         Jangan sembarang colok flashdisk

Salah satu media penyebaran paling ampuh Malware / virus saat ini adalah flashdisk, oleh karena itu janganlah sembarangan memasukan ‘flashdisk’ ke dalam komputer untuk mencegah penyebaran malware. Maka dari itu disarankan untuk melakukan  pemindaian terhadap flashdisk yang di colokkan ke komputer dengan program Antivirus.

·         Matikan Fitur AutoRun

Mematikan fitur autorun pada windows merupakan salah satu mencegah penyebaran Malware, dikarenakan kebanyakan malware saat ini memanfaatkan fitur ini untuk mengeksekusi dirinya secara otomatis.

·         Jangan sembarangan memasang program yang tidak dikenal

Telliti sebelum memasang, mungkin kata tersebut ada benarnya. Disarankan untuk tidak menggunakan program – program yang tidak dikenal, dikarenakan kebanyakan Malware suka bersembunyi di balik program – program tersebut, untuk mengelabui korbannya. 

·         Hindari juga penggunaan program bajakan

Jika Anda mempunyai banyak rezeki atau uang, maka disarankan untuk menggunakan program yang berlisensi resmi / asli, karena jika menggunakan program bajakan kemungkinan program tersebut sudah di susupi oleh Malware. 

·         Hati – hati saat berselancar di internet

Bagi Anda yang sering berselancar di dunia maya (internet), maka Anda perlu berhati – hati, dikarenakan internet merupakan ladang berbagai macam Malware, yang menjadi ancaman kita semua. Maka dari itu Anda perlu waspada, seperti tidak mebuka situs berbahaya, prono, dan tidak terpercaya.
Jangan sembarang klik link, teliti dahulu sebelum membuka, mungkin saja itu merupakan situs ‘phishing’, seperti contoh www.facebook.com (asli) dan www.faceboook.com (palsu). (perhatikan huruf ‘o’ nya)
Karena jika Anda membuka situs tersebut, mungkin saja komputer Anda telah di bajak secara diam – diam.

Hindari penggunan double click pada window explore

Menghindari penggunaan double click pada window explore bukan tampa alasan, dikarenakan kebanyakan malware sekarang dirancang aktif pada pada komputer dengan cara memanfaatkan kelengahan pengguna, dimana malware tersebut telah memanipulasi registy windows dan akan aktif apabila user menggunakan double click pada file yang telah terinfeksi oleh malware, terutama flashdisk. Saran penulis lebih baik gunakan side panel (navigation pane) yang ada di sebelah kiri windows, biasanya malware tidak aktif apabila pengguna hanya menggunakan single click, untuk mencegah hal - hal yang tidak di inginkan.





Namun bagi anda yang sudah terlajur terkena Virus, Anda dapat mencoba tips di bawah ini Berikut tips atau solusi yang Anda bisa coba:

·         Scan penuh komputer dengan program Anti Virus yang Anda miliki

Jika komputer Anda terserang oleh malware, maka yang harus Anda lakukan adalah memindai seluruh komputer Anda dengan program Anti Virus yang anda miliki, dan mudah – mudahan program AV Anda bisa memulihkan keadaan.

·         Update AV & Lakukan Scan penuh

Jika cara pertama tidak berhasil, mungkin saja program AV Anda belum terupdate atau terperbaharui sehingga program AV tidak mengenali varian Virus tersebut.

Jika komputer Anda terhubung dengan jaringan internet, maka Anda hanya tinggal mengupdate program AV Anda secara otomatis. Namun jika Anda tidak mempunyai koneksi internet, maka anda perlu mendownload ‘database definition’ secara manual  dari situs Anti Virusnya dan memperbaharuinya secara manual. Agar program AV anda mengenali varian Virus –virus  terbaru. 

Lalu apabila proses update telah berhasil matikan koneksi internet Anda (jika terhubung) & lakukan scan penuh terhadap komputer Anda.

   Windows Defender
Jika Anda belum sempat memasang program Anti Virus atau belum menemukan Anti Virus yang cocok, maka anda bisa menggunakan program keamanan bawaan windows, yaitu ‘windows defender’.

Windows Defender


·         Scan VIA ‘safe mode’

Apabila komputer Anda tidak bisa membuka program Anti Virus karena telah diblokir oleh Virus. Maka yang perlu Anda coba adalah masuk ke dalam ‘safe mode’. Dengan cara merestart komputer Anda lalu menekan tombol F8 pada saat booting sehingga muncul pilihan ‘safe mode’.
Langkah selanjutnya adalah membuka program AV-nya dan berharap AV-nya bisa di buka dan juga  virusnya tidak aktif di ‘safe mode’, lalu melakukan scan penuh terhadap komputer Anda.

·         Gunakan program AV portable

Namun jika langkah di atas tidak berhasil & Virus masih tetap aktif pada ‘safe mode’, mungkin anda perlu menggunakan program AV yang sifatnya ‘portable’ , yang dimana program tersebut tidak perlu di install ke dalam komputer Anda, dan Anda hanya perlu menjalankanya dan melakukan scan terhadap komputer Anda dan berharap masalah selesai.

·         Hapus Virus lewat LIVE CD

Namun jika Virus tersebut memblokir program .exe, sehingga Anda tidak bisa membuka program AV portable Anda. Maka Anda bisa mencoba menghapus manual file induk virus tersebut menggunakan LIVE CD dari varian OS  Linux.

Anda perlu teliti perlu terlebih dahulu dan yang perlu diperhatikan adalah file yang Anda hapus, salah – salah Anda malah menghapus file system windows Anda buka file virusnya, sehingga merusak sistem yang ada.

Dan juga menggunakan LIVE CD perlu membutuhkan sedikit keahlian, menggunakan OS selain Windows.

Dan yang terakhir bila masalah tak kunjung usai, mungkin ini saatnya anda beralih ke sistem operasi yang lebih aman dari serangan Malware & Virus.

Seperti MAC OS, LINUX & UNIX.

Semoga bermanfaat. :D

Comments

  1. saya kurang setuju dengan penggunaan antivirus dalam safe mode karna jika sudah terlanjur terinfeksi virus tertentu "sality" virus itu akan memblokir jalan masuk ke safe mode mungkin jalan terbaik yaitu penggunaan live cd

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, terima kasih pendapat mas Fadhlan, tapi tidak semua virus memblok fasilitas ini.
      Saya setuju dengan pendapat anda tentang penggunaan live cd. :D

      Delete
    2. Lucky Computer Solution

      Kami adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa service dan maintenance komputer
      berpengalaman dengan tim professional dan terpercaya .

      Lucky Computer Solution siap membantu anda mengatasi masalah yang terjadi pada perangkat komputer anda
      dengan solusi layanan service komputer panggilan atau langsung datang ke toko kami. Layanan service komputer panggilan
      yaitu dengan sistem pengerjaan langsung hingga selesai di rumah, kantor dan warnet anda berada.

      Pastikan anda selalu menggunakan jasa Lucky Computer Solution.

      Masalah apa saja yang bisa di tangani tim teknisi kami ?

      1. Komputer mati total
      2. Komputer sering Hang
      3. Komputer lambat
      4. Terkena virus
      5. Install program
      6. Install ulang Operasi sistem Windows
      7. Pemasangan jaringan
      8. Tidak tembus monitor

      Jangan khawatir dengan biaya, karna Lucky Computer Solution memberikan harga yang begitu murah, dan terjangkau
      1. Service ( Pembersihan seluruh komponen komputer, Penggantian Pasta Procesor ) Rp 75.000
      2. Instalasi ulang ( Windows, MC Office, Corel, PhotoShop, Mozilla, DLL ) Rp 75.000
      3. Paket Service dan Instal Ulang Cuma Rp 120.000
      Bagaimana cara booking service komputer panggilan teknisi Lucky Computer Solution ?
      Ketika terjadi trouble atau kerusakan pada perangkat komputer anda,

      anda bisa langsung hubungi call service kami di :
      081-220-769-974
      Utarakan keluhan dan permasalahan anda dan buatlah perjanjian dengan teknisi kami untuk kunjungan ke rumah atau kantor anda
      dan kami pastikan tim teknisi kami akan segera datang ke rumah, kantor atau warnet anda .
      ( Catatan : LCS hanya melayani Area Bandung, Cimahi, Sumedang.)
      untuk penanganan service komputer panggilan, kami kenakan tarif transportasi sebesar 30rb.
      Jadi total keseluruhan biaya untuk service panggilan adalah 150rb semua permasalahan komputer/laptop anda teratasi !!
      Lokasi toko/kantor kami di JL.Terusan Srimahi No 21 dan anda juga bisa mencari lokasi kami dengan mudah
      melalui Google Maps dengan pencarian : Lucky Computer Solution

      Delete
  2. mantab gan...terima kasih info bermanfaatnya gan

    ReplyDelete
  3. Gan kalau YM tiap login nutup sendiri gt apa jg kena spyware?

    Software Pulsa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya nutup itu close program atau hanya tidak bisa login? Kalo close program ada 2 kemungkinan mas, pertama programnya bermasalah dan yang kedua ulah virus jail, bila mana mas curiga itu ulah virus, silahkan scan dengan anti virus yang paling update mas.

      Delete
  4. terimakasih banyak sob, sangat membantu..

    http://obattraditional.com/obat-tradisional-demam-berdarah/

    ReplyDelete
  5. istal coreldraw gratisan, yg pake crack2 it.
    terus laptop lola. kupikir it's fine.
    next, saat googling muncul 'ads by bla bla'. googling cari solusi, fixed.
    bbrp hari kemudian, saat googling muncul lagi 'ads by bla bla'. googling lagi cari solusi, fixed lgi.
    kan males, kalau keulang-ulang terus.
    question : apa ini termasuk malware, spyware semacam itu? klo ya, brarti laptop saya terinfeksi. apa yang harus saya lakukan? help.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenaarnya itu adalaah addware, Coba liat poin "Update AV & Lakukan Scan penuh" mudah mudahan berhasil, namun apabila antivirus tidak mengenalinya, coba cek di browser pada bagian settings > extension (google chrome), tools>addons>extension (firefox), menu>extension (opera) matikan atau hapus extension yang dianggap mencurigakan.

      Silahkan baca artikel mengenai addware berikut mudah mudah membantu:

      http://bobsblogz.blogspot.com/2013/05/tips-mencegah-mengatasi-adware.html?m=1

      Delete
  6. komputer saya setelah dimasuki flash disk langsung hang dan lambat ,, sebaiknya apa yang harus saya lakukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa setiap flashdisk yang dimasukan ke komputer membuat komputer agan jadi lambat / hanya flashdisk tertentu?

      Bila setiap flashdisk (bahkan flashdisk baru) membuat lambat ada kemungkinan masalahnya hardware komputer.
      Namun apabila hanya flashdisk tertentu, barangkali flash disknya mengandung file virus.
      Bila dirasa flashdisk-nya menggandung file virus, coba scan flashdisk-nya menggunakan Anti Virus terbaru / terupdate.

      Delete
  7. Service komputer Panggilan

    Kami melayani jasa service komputer panggilan
    Service komputer antar/jemput. bagi anda yang
    tidak punya waktu dan tidak ingin repot repot
    bawa ke reparasi komputer silahkan Hubungi
    Kami. jika bapak atau ibu sibuk cukup Hubungi
    Kami Maka Kami akan pergi ketempat anda
    Hub : 081294209696

    Berkut ini adalah kerusakan yang biasa kami temui :

    Software :
    1 Install Ulang Windows (WinXp,Win7,Win8,Win10)
    2. Install Drivers (VGA,Sound,Printer dll)
    3. Install Games (Pes2014,Need for speed,dll)
    4. Install Software (autocad,Photoshop,Office,dll)
    5. Virus Cleaning (Trojan,Worm,Heal Data)
    6. Recovery DATA (Terformat,Terpartisi,Terdelete,dll)


    Hardware :
    1. Mati total
    2. Tidak Tampil
    3. Bunyi Bunyi
    4. BlueScreen
    5. Lemot
    6. Tidak Bisa Masuk Windows
    7. Sering Hang,Restart
    8. Installasi Lan/Wireless

    Silahkan Hubungi Kami
    081294209696
    Bilawal.rifai96@gmail.com
    Http://www.mataharikomputer.com

    ReplyDelete
  8. Lucky Computer Solution

    Kami adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa service dan maintenance komputer
    berpengalaman dengan tim professional dan terpercaya .

    Lucky Computer Solution siap membantu anda mengatasi masalah yang terjadi pada perangkat komputer anda
    dengan solusi layanan service komputer panggilan atau langsung datang ke toko kami. Layanan service komputer panggilan
    yaitu dengan sistem pengerjaan langsung hingga selesai di rumah, kantor dan warnet anda berada.

    Pastikan anda selalu menggunakan jasa Lucky Computer Solution.

    Masalah apa saja yang bisa di tangani tim teknisi kami ?

    1. Komputer mati total
    2. Komputer sering Hang
    3. Komputer lambat
    4. Terkena virus
    5. Install program
    6. Install ulang Operasi sistem Windows
    7. Pemasangan jaringan
    8. Tidak tembus monitor

    Jangan khawatir dengan biaya, karna Lucky Computer Solution memberikan harga yang begitu murah, dan terjangkau
    1. Service ( Pembersihan seluruh komponen komputer, Penggantian Pasta Procesor ) Rp 75.000
    2. Instalasi ulang ( Windows, MC Office, Corel, PhotoShop, Mozilla, DLL ) Rp 75.000
    3. Paket Service dan Instal Ulang Cuma Rp 120.000
    Bagaimana cara booking service komputer panggilan teknisi Lucky Computer Solution ?
    Ketika terjadi trouble atau kerusakan pada perangkat komputer anda,

    anda bisa langsung hubungi call service kami di :
    081-220-769-974
    Utarakan keluhan dan permasalahan anda dan buatlah perjanjian dengan teknisi kami untuk kunjungan ke rumah atau kantor anda
    dan kami pastikan tim teknisi kami akan segera datang ke rumah, kantor atau warnet anda .
    ( Catatan : LCS hanya melayani Area Bandung, Cimahi, Sumedang.)
    untuk penanganan service komputer panggilan, kami kenakan tarif transportasi sebesar 30rb.
    Jadi total keseluruhan biaya untuk service panggilan adalah 150rb semua permasalahan komputer/laptop anda teratasi !!
    Lokasi toko/kantor kami di JL.Terusan Srimahi No 21 dan anda juga bisa mencari lokasi kami dengan mudah
    melalui Google Maps dengan pencarian : Lucky Computer Solution

    ReplyDelete
  9. Tnx bro untuk Solusi menjaga komputer dari virusnya berdasarkan Ilmu Komputer yang ane tau jg bagus nih caranya

    ReplyDelete
  10. Terima kasih kak ilmunya, sangat menarik dan bermanfaat.
    Perkenalkan kak saya mirnawati dari ISB Atma Luhur

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tutorial Mengganti Thermal Pasta Pada Komputer (PC) (Lengkap + Gambar)

Trik Menyalin Seluruh Nama File Dalam 1 Folder (Direktori)

Cara Membuka File Gambar Menggunakan Terminal (Linux Ubuntu)