10 Langkah Mengetahui Kehadiran Malware Dalam Komputer

Malware atau malicious software merupakan program berbahaya yang didisain khusus untuk keperluan tertentu yang bersifat merugikan utamanya, oleh karena itu banyak para pengguna komputer yang dibikin jengkel & kesal oleh ulahnya apabila terinfeksi olehnya. Seperti worm, virus, adware, rootkit, spyware dan lain – lain.

Apabila anda ingin mengetahui apakah komputer anda terinfeksi oleh virus (malware) dan semacamnya, anda bisa menyimak 10 langkah mengetahui kehadiran malware dalam komputer:


1. Pembajakan Home Page dan Search Engine
Salah satu ulah malware virus dan semacamnya adalah melakukan tindakan pembajakan terhadap browser dengan cara merubah sebuah Home Page dan Search Engine default secara diam – diam tanpa pemberitahuan, yang diarakan ke situs yang tidak jelas dan aneh.

Adware


2. Crash (Gagal)
Walaupun kegagalan sistem jarang diakibatkan oleh serangan virus malware, namun tidak menutup kemungkinan bisa jadi ulah virus, yang merusak sistem tersebut.



3. Lahir Program Baru Tidak Dikenal
Karena malware bersifat diam – diam, biasanya kehadiran sebuah malware ditandai dengan lahirnya sebuah program baru, yang memasang ke dalam komputer tanpa pemberitahuan & izin penggunanya. Dan biasanya juga diikuti oleh point nomer 4.


New Program 


4. Lahir Toolbar Baru dan Tidak Dikenal
Kehadiran malware dalam komputer anda biasanya diikuti oleh lahirnya toolbar baru dan tidak dikenal, tanpa adanya pemberitahuan, lalu diikuti seperti point pada nomer 1. Browser anda terbajak.

5. Komputer Lambat.
Karena sifatnya yang tersembunyi dan menjalankan aktivitasnya ilegalnya dibelakang layar agar tidak diketahui oleh pengguna, malware membuat kinerja komputer menjadi lambat. Baik itu dalam keadaan online atau offline. Kasus yang paling sering terjadi.

6. Browser Tidak Bisa Me-Load Halaman
Tidak jarang koneksi internet kita kena imbasnya, walaupun koneksi internet baik – baik saja, salah satunya adalah browser tidak bisa me-load halaman website. Terutama halaman / situs – situs keamanan komputer seperti situs anti-virus.



7. Program Komputer Dan File Tidak Bisa Dibuka
Salah akibat dari hadirnya malware di komputer anda adalah, program komputer dan file tidak bisa dibuka.

8. Menyembunyikan File
Biasanya kehadiran malware virus ditandai dengan hilangnya file – file pada komputer.

9. Penggandaan Diri & Muncul file aneh
Setelah malware virus berhasil masuk ke dalam komputer, biasanya ditandai dengan file – file yang berubah menjadi ganda. Dan juga muncul file – file yang aneh.

File Ganda
File Virus

10. Proses Tidak Jelas
Seperti yang di jelaskan pada point nomer 5, karena malware bersifat tersembunyi dan diam – diam, maka biasanya timbul proses baru yang asing.

Sekian 10 gejala yang umum dari sekian banyak gejala yang ditimbulkan akibat infeksi malware terhadap komputer.

Pesan penulis:

  • Kenali gejala – gejala infeksi malware terhadap komputer, sebelum terjadi hal – hal yang lebih buruk.
  • Pencegahan lebih baik dari pada mengobati.


Semoga Bermanfaat :D

LIHAT JUGA:
Cara mencegah & solusi mengatasi komputer yang terkena MALWARE
Tips Mencegah & Mengatasi Adware

Comments

Popular posts from this blog

Tutorial Mengganti Thermal Pasta Pada Komputer (PC) (Lengkap + Gambar)

Trik Menyalin Seluruh Nama File Dalam 1 Folder (Direktori)

Cara Membuka File Gambar Menggunakan Terminal (Linux Ubuntu)